FORUM KONSULTASI PUBLIK
Guna meningkatkan kualitas pelayanan informasi yang lebih baik kepada masyarakat. KPU Kabupaten Pati menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) Review Standar Pelayanan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pati Tahun 2025.
Kegiatan yang berlangsung di Aula KPU Kabupaten Pati, Rabu (12/11/2025) menghadirkan berbagai unsur seperti Partai Politik, Instansi/OPD/Dinas, Bawaslu, Pemantau Pemilihan, Media, hingga Organisasi Masyarakat.
Pada kesempatan tersebut, Ketua KPU Kabupaten Pati, Supriyanto, A.Md., SS., membuka kegiatan dengan sambutan yang menegaskan pentingnya Forum Konsultasi Publik (FKP) sebagai sarana refleksi dan perbaikan berkelanjutan atas layanan publik. Menurut beliau, forum ini menjadi momentum untuk menilai kesesuaian, pelaksanaan, dan hasil pelayanan agar semakin efektif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
“Kami ingin seluruh masukan dari peserta FKP ini untuk menjadi dasar evaluasi untuk meningkatkan layanan informasi publik” ujar beliau.
Selanjutnya, Anggota KPU Kabupaten Pati Ketua Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM, Nugraheni Yuliadhistiani, S.IP., MM., memaparkan bentuk-bentuk pelayanan informasi yang telah dilakukan antara lain pelayanan informasi yang berbasi elektronik melalui beberapa akun media sosial yang paling banyak diakses terutama para pemilih pemula, antara lain Instagram, facebook, Tiktok, Youtube, dan Website yang didalamnya memuat fitur e-PPID. Beliau menegaskan bahwa media sosial menjadi penghubung maupun penyampaian informasi tentang kepemiluan yang mudah dijangkau.
“Pelayanan informasi berdasarkan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) di KPU Kabupaten Pati medio 2025 mencapai 86,09 %, untuk meningkatkan angka tersebut maka pelayanan publik harus terus berkembang mengikuti kebutuhan masyarakat, karena pada dasarnya ita semua adalah pelayan masyarakat” ungkap beliau.
Lebih lanjut, beliau berharap kegiatan FKP dapat terus dilaksanakan secara rutin dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan. Menurut beliau, sinergi antara Pemerintah Daerah dan masyarakat merupakan kunci agara penyelenggaraan pelayanan publik di KPU Kabupaten Pati berjalan semakin baik.
Kemudian peserta FKP menyampaikan saran dan masukan terhadap mode pelayanan informasi, yang secara umum disebutkan bahwa pelayanan yang disampaikan sudah baik dan perlu meningkatkan di beberapa bagian saja, karena memang semuanya butuh proses sampai dengan menjadi sempurna.
Dengan demikian, melalui pelaksanaan FKP 2025 ini, KPU Kabupaten Pati menegaskan komitmennya untuk memperkuat sistem dan partisipasi masyarakat dalam evaluasi layanan. Harapannya, mutu pelayanan di KPU Kabupaten Pati akan terus meningkat seiring perkembangan waktu dan tuntutan masyarakat. https://patikabppid.kpu.go.id/galeri